Persepsi Perawat Tentang Peran Dan Fungsi Mahasiswa Praktik Di Rsjd Dr.Amino Gondohutomo Semarang.

Hani Tuasikal, Selpina Embuai, Moomina Siauta

Abstract


Mahasiswa praktek merupakan individu yang mengaplikasikan teori yang dimiliki di RS dengan harapan mahasiswa akan menumbuhkan kepercayaan diri untuk menjadi seorang individu perawat dewasa. Harapan mahasiswa tersebut belum terpenuhi karena adanya rutinitas yang dilakukan mahasiswa setiap harinyadan tidak sesuai dengan peran dan fungsi mahasiswa di RS sehingga menimbulkan anggapan bahwa mahasiswa praktik hanya dapat membantu perawat sesuai dengan yang diinstruksikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi perawat tentang peran dan fungsi mahasiswa praktek di RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang. Penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis.  Sampel dilakukan secara purposif, berjumlah 4 partisipan. Teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam. Hasil penelitian didapatkan bahwa persepsi perawat tentang peran mahasiswa praktek yaitu peran mahasiswa sebagai eduktor, caregiver, kolaborator dan konselor seperti membantu merubah perilaku, melakukan pengkajian menentukan diagnosa keperawatan, membantu melakukan terapi untuk pasien, memenuhi kebutuhan sehari-hari pasien, mendiskusikan bentuk pelayanan selanjutnya untuk pasien dan melakukan interaksi dengan pasien. Peran dan fungsi mahasiswa praktek tidak maksimal di RS. Saran dari peneliti bagi mahasiswa praktek adalah lebih aktif bertanya ketika di RS. Bagi RS dapat melakukan evaluasi dari mahasiswa praktek untuk pembimbing/CI pada akhir stase praktek.


Keywords


peran dan fungsi, mahasiswa keperawatan

Full Text:

PDF

References


Bastable, Susan B. (2002) Perawat Sebagai Pendidik: Prinsip-prinsip Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: EGC.

Christensen, Paula J. (2009) Proses Keperawatan :Aplikasi Model Konseptual. Ed,4. Jakarta: EGC.

Departemen Kesehatan RI.(2001)Konsep dan Mutu Manajemen Rumah Sakit.Jakarta.

Gruendemann, Barbara J. (2005) Buku Ajar Keperawatan Peroperatif. Vol,1. Jakarta: EGC.

Purwandari Haryatiningsih & Wastu Adi M. (2011) Permasalahan Mahasiswa Pada Penempatan Praktik Ners Pertama Kali Di Stase Keperawatan Anak. Volume II Nomor 1:41-42. Januari 2011 Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes.

Kusnanto. (2004) Pengantar Profesi dan Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta : EGC.

Miles & Hubreman. (1994) Qualitative Data Analysis Second Edition. United States Of Amerika: Sage Pubilcation Ltd.

Potter & Perry. (2005) Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep Proses dan Praktik. Vol,1. Ed,4. Jakarta: EGC.

Simamora, Roymond H. (2009) Buku Ajar Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.




DOI: https://doi.org/10.35952/jik.v9i1.172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by : STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung

JL. KH. Ghalib No. 112 Pringsewu Lampung Telp: (0729) 22537

Email : lp3m@stikesmuh-pringsewu.ac.id