Evaluasi Implementasi Terapeutik Sebagai Teknologi Edukasi Untuk Penyandang Disabilitas : Tuna Rungu.

Shanti Farida Rachmi, La Ode Abdul Rahman, Novi Anggreyani, Regita Sari Cahya Ningsih

Abstract


Komunikasi merupakan bagian penting dalam proses transfer informasi kesehatan bagi setiap individu. Kondisi keterbatasan pendengaran pada masyarakat tuli menimbulkan kebutuhan media informasi kesehatan yang dirancang khusus sehingga mereka mendapatkan hak informasi kesehatan yang sama dengan masyarakat lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas video edukasi kesehatan dalam membantu penyandang tuna rungu memahami masalah kesehatan kronis seperti penyakit Diabetes Mellitus dan penyakit Hipertensi sebagai upaya transmisi informasi kesehatan yang dikemas dalam bentuk video edukasi kesehatan. Metode penelitian menggunakan quasi experiment tanpa control dengan bentuk kegiatan menggunakan evaluasi peningkatan pengetahuan pre dan post intervensi. Responden penelitian ini berjumlah 48 orang. Hasil yang diperoleh adalah adanya peningkatan pengetahuan masyarakat disabilitas tuna rungu khususnya pada tahap perkembangan dewasa muda sampai dengan dewasa akhir mengenai penyakit kronik Hipertensi dan Diabetes Melitus. Pemanfaatkan media edukasi berbasis teknologi video menyesuaikan bahasa dan kebutuhan masyarakat Tuna Rungu sehingga pesan lebih mudah dipahami serta lebih mudah disampaikan. Hasil uji perbedaan rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah sosialisasi dengan menggunakan uji wilcoxon didapatkan p value= 0,000 < (α= 0,05). Strategi edukasi bagi masyarakat disabilitas dapat dilaksanakan dengan metode pemanfaatan teknologi dan sosialisasi yang disesuaikan dengan kondisi mereka. Video edukasi kesehatan ini dapat dikembangkan lagi untuk pencegahan berbagai risiko masalah kesehatan bagi penyandang tuna rungu diseluruh wilayah Indonesia.


Keywords


Teknologi Video Edukasi; Tuna Rungu; Hipertensi; Diabetes

Full Text:

PDF

References


Agustin, M. 2014. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Media Booklet Dibandingkan Audiovisual Terhadap Pengetahuan Orang Tua Tentang Karies Gigi Pada Anak Usia 5-9 Tahun Di Desa Makamhaji. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Atmoko, W. P. 2017. Pengembangan Media Video SIBI (Sistem Isyarat Bahasa Indonesia) Berbasis Flash Materi Bagian dan Fungsi Bagian Tumbuhan Untuk Siswa Tunarungu Kelas X SLB Negeri Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. 2008. Pedoman Pelaksanaan Manajemen Sekolah Khusus Tunarungu / Tunawicara (SLBB). Jakarta.

Emond, A., Ridd, M., Sutherland, H., Allsop, L., Alexander, A., & Kyle, J. 2014. The current health of the signing deaf community in the UK compare swith the general population: a cross-sectional study. BMJ Open.

Febriana, G., Yunus, M., &Tarmansyah. 2014. Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan kemampuan mengenal bahaya hiv / aids bagi remaja tuna rungu. JurnalIlmiah Pendidikan Khusus, 3 (2) April 2014.

Mahardhini, D. 2012. Perilaku pemanfaatan informasi oleh penyandang tuna rungu (studi aksi tentang perilaku pemanfaatan informasi oleh siswa SMP dan SMA penyandang tuna rungu di SLB-B Dharma Wanita Sidoarjo). Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga

McGraw-Hill . 2010. Health, Wellness, Fitness, and Healthy Lifestyles: An Introduction. New York : McGraw-Hill Educationaland Professional

Nahar, N. I. 2016. Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. Ilmu pengetahuan sosial.

Pollard, R. Q., Dean, R. K., O'Hearn, A., &Haynes, S. L. 2009. Adapting heath education material for deaf audiences. Rehabilitation 1 Psychology, 232-238.

Sustainable Development. 2015. Sustain able develop ment goal 3: ensure healthy live sand promote well-being for all atallages. Retrieved from https://sustainabledevelop ment.un.org/sdg3

WHO and World Bank.2011. World Reporton Disability. Geneva: WHO

Winarsih, M., & Sarris, A. P. (2018). “Educative Video Game Based Android System for Learning Early Reading for Children with Hearing

Impairment.” American Journal of Educational Research, 6 (8) (2018): 1111-1116. Doi: 10.12691/educati on-6-8-8




DOI: https://doi.org/10.35952/jik.v9i1.171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Ilmiah Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by : STIKes Muhammadiyah Pringsewu Lampung

JL. KH. Ghalib No. 112 Pringsewu Lampung Telp: (0729) 22537

Email : lp3m@stikesmuh-pringsewu.ac.id